Tautan Juknis FIKSI 2025 untuk SMA dan Cabangnya: Panduan Lengkap

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sudah mengeluarkan pedoman teknis (Juknis) untuk acara Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2025. Anda dapat mendownload Juknis FIKSI 2025 bagi siswa SMA setingkat dengan melalui tautan yang tersedia, serta mengetahui kategori perlombaannya.

FIKSI 2025 dirancang sebagai
platform strategis
untuk mencetak generasi muda Indonesia dalam hal inovasi dan kewirausahaan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, FIKSI 2025 didesain dengan menggabungkan FIKSI SMA dan FIKSI SMK.

FIKSI 2025 terdiri dua kategori ajang dan 11 cabang ajang telenta dan dapat diikuti oleh perorangan atau kelompok siswa SMA Sederajat.


Tautan Untuk Mengunduh Petunjuk Teknis Panduan FIKSI 2025 Bagi Sekolah Menengah Atas Sejajar

FIKSI 2025 merupakan wadah untuk mendorong wirausaha muda yang mampu bersaing secara global. Selain itu, kompetisi ini juga menjadi ajang memberikan bekal pengalaman, pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan kepada siswa untuk memulai dan mengakselerasi wirausaha mandir.

BPTI sebagai penyelenggara sudah mengumumkan
petunjuk teknis
Pedoman FIKSI Tahun 2025. Dokumen ini bertujuan untuk menjadi acuan tersebut.
acuan
Yang pasti untuk lembaga pendidikan, unit pendidikan.

Bukan hanya itu saja, panduan ini pun bisa dijadikan referensi bagi juri, siswa, serta pihak-pihak yang terlibat untuk menggelarkan kegiatan FIKSI 2025.

Juknis Panduan FIKSI 2025 berisi informasi lebih rinci kegiatan FIKSI 2025, yang meliputi konsep dasar, penyelenggaraan, mekanisme ajang FIKSI, penghargaan hingga pembiayaan.

Berikut merupakan link unduh Panduan FIKSI 2025 yang dapat diakses secara publik.


Link Unduh Juknis Panduan FIKSI 2025


Kategori Kompetisi dalam FIKSI 2025 bagi SMA Sejajar

FIKSI 2025 mencakup dua jenis perlombaan yakni Kategori Bisnis Terencana dan Bisnis Berjalan. Perlombaan untuk Kategori Bisnis Terencana ditujukan kepada pelajar yang sedang merumuskan gagasan bisnis mereka. Gagasan ini kemudian dikemas ke dalam bentuk proposal bisnis serta dilengkapi dengan prototipe produknya.

Pada saat yang sama, Pembangunan Bisnis menjadi
kompetisi
Yang diarahkan untuk pelajar yang mengelola bisnis pribadi (tidak termasuk hasil kerja sekolah) sesuai dengan Bidang Lomba Bakat. Bisnis ini harus sudah beroperasi setidaknya selama tiga bulan sebelum proses pendaftaran.

Inti dari FIKSI 2025 yang merupakan bagian penting dari acara penghargaan bakat ini mencakup 11 kategori. Di bawah ini adalah penjelasannya.


1. Bisnis Pertanian, Teknologi Agronomi dan Kelautan

Bidang ini mengacu pada inovasi yang terkait dengan sektor pertanian, peternakan, hutan, serta perikanan guna menghasilkan barang dengan peningkatan nilai.


2. Kesehatan

Sektor Kesehatan mendukung penciptaan ide-ide baru dalam bidang perawatan kesehatan yang mencakup pelayanan medis, industri farmasi, peralatan kedokteran, kosmetik, serta teknologi kesehatan dengan basis digital.


3. Wirausaha Sosial

Usaha Sosial adalah pemanfaatan konsep wirausaha untuk menciptakan solusi dengan fokus utama pada hasil positif bagi masyarakat.


4. Pariwisata

Acara kompetisi ini mengutamakan pembangunan jasa pariwisata, akomodasi, daya tarik, atau lokasi tujuan yang inovatif serta ramah lingkungan.


5. Teknologi Digital

Kategori Kompetesi Teknologi Digital bertujuan untuk mengembangkan kreasi, pembaruan, serta penggunaan alat-alat modern dalam dunia digital guna membantu orang-orang memulai bisnis atau menunjang perkembangan usaha mereka.


6. Kuliner

Para peserta diajak untuk menghasilkan ide-ide baru dalam memproses makanan dan minuman yang didasarkan pada ketersediaan bahan setempat atau dengan peningkatan nilai.


7. Fashion (Fesyen)

Para peserta diminta untuk menghasilkan bisnis dalam industri fashion yang menyatukan estetika, etika, keselamatan lingkungan, kerjasama, inovasi, keunikan, serta kreasi.


8. Games

Perlombaan dalam dunia permainan digital berpusat pada usaha kreatif untuk menciptakan kerjasama antara unsur-unsur desain, teknologi, dan cerita interaktif yang mengakomodir segi-segi keindahan, gaya bermain, tingkat kesulitan, serta hadiahnya.


9. Kriya

Proyek ini menitikberatkan pada hasil kerajinan tangan yang memprioritaskan aspek estetika, keunikannya, serta kemahiran dalam menggunakan bahan-bahan lokal.


10. Bidang Produksi Musik, Cinema, Animasi, dan Video

Inovasi dalam dunia musik, film, animasi, dan video yang memperkenalkan pesan atau nilai-nilai positif.


11. Seni Rupa dan Desain

Menumbuhkan kemampuan para peserta untuk menghasilkan karya seni visual serta desain yang unik, menarik secara estetika, dan praktis. Penekanannya ada pada kreasi yang bisa digunakan di beberapa area, termasuk komunikasi visuel, barang-barang konsumsi, ataupun instalasi seni di ruang publik.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

| Artikel Terkait